Selasa, 27 November 2012

Perancangan Komunikasi Pemasaran Terpadu Untuk Fasilitas Baru Kebun Binatang Surabaya

Oleh : Dinar Wahyu Kuncoro
Publikasi pada : JURNAL SAINS DAN SENI ITS Vol. 1, No. 1, (Sept. 2012) ISSN: 2301-928X

Abstrak
 Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah salah
satu kebun binatang yang populer di Indonesia. Beberapa
tahun yang lalu KBS juga sempat menjadi salah satu kebun
binatang dengan koleksi satwa terlengkap se-Asia Tenggara.
Namun pada saat ini kondisi KBS sudah sangat berbeda,
menyusul berbagai macam permasalahan yang terjadi di KBS
diantaranya kematian – kematian satwa langka yang terus
terjadi, konflik internal KBS yang berkepanjangan. Perbaikan
citra KBS di masyarakat adalah hal yang akan dilakukan oleh
KBS demi memperbaiki dan mempertahankan salah satu ikon
kebun binatang di Indonesia. Dengan adanya fenomena
tersebut, penelitian yang dibuat adalah sebuah perancangan
komunikasi pemasaran terpadu yang bertujuan untuk
mengkomunikasikan perbaikan – perbaikan yang ada di KBS.
Penelitian dilakukan dengan beberapa cara, antara lain
pengamatan berupa survei langsung di lapangan dan
wawancara dengan stakeholder KBS sebagai data primer.
Selain itu perolehan data juga diperoleh dengan mengunakan
literatur seperti buku, majalah, dan sumber lainya sebagai data
sekunder. Hasil data didapatkan konsep baru KBS yang
menawarkan tempat baru untuk berkumpul bersama dengan
suasana alami didalamnya. Konsep tersebut akan dijadikan
sebagai pemikiran utama “The point of natural refreshment”
sebagai slogannya. Melalui penelitian ini diharapkan dapat
mengembalikan citra KBS sebagai salah satu ikon Surabaya di
mata masyarakat dan menarik minat masyarakat untuk
berkunjung ke KBS.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Terpadu, Kebun
binatang Surabaya, Natural Refreshment

PENDAHULUAN
URABAYA merupakan kota terbesar kedua di
Indonesia. Di kota inilah banyak berdiri banyak
bangunan yang berfungsi sebagai pusat perdagangan. Dari
perkembangan yang terjadi inilah banyak sekali orang–
orang yang datang ke Surabaya untuk berbisnis. Para
pendatang juga bukan saja berasal dari pulau Jawa namun
juga pulau–pulau lain di Indonesia. Semakin pesat
berkembangnya kota Surabaya membuat kota metropolitan
ini lama– kelamaan menjadi kota yang sibuk akan kegiatan
perkantoran dan bisnisnya. Di tengah padatnya kota
Surabaya yang semakin berkembang pesat, warga di kota
Surabaya khususnya membutuhkan tempat rekreasi yang
dapat menjadi jujukan untuk melepas penat dari kesibukan
sehari–hari. Pada saat ini telah banyak didirikan tempat
wisata di Jawa Timur dengan daya tarik satwa dan flora
sedang digemari. . . . .(baca_selengkapnya )


Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP. 08122353284
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
E:\K A N A I D I\Data\My Docu\aKEN\JOURNAL\Jurnal IMC

Analisis Dampak Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Penciptaan Ekuitas Merek

Oleh : Sunarto Prayitno
Publikasi pada : Journal of Strategic Communication, Vol.1 No.1 Sept.2010

Abstrak
Kondisi persaingan yang ketat di industri perbankan di Indonesia ditandai dengan banyaknya pemanfaatan khususnya progam-program sales promo on, yang menimbulkan pertanyaan bahwa perbankan yang seharusnya sebagai perusahaan yang lebih memasarkan jasa yang bersifat high involvement product, selayaknya lebih menikberatkan pada penciptaan citra maupun ekuitas produk. Maka dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk memahami peranan atau pengaruh elemen-elemen komunikasi pemasaran terhadap pembentukan ekuitas merek.
Model Integrated Marke ng Communica ons dijadikan referensi utama sebagai teori yang menggambarkan keterkaitan dan pengaruh bermacam elemen komunikasi pemasaran dalam penciptaan ekuitas merek. Paradigma posi vism dimanfaatkan dalam penelitian ini, yang lebih bersifat kuantatif dalam upaya untuk memahami keterkaitan dan pengaruh antara elemen-elemen komunikasi pemasaran yang dikelompokkan dalam klasifikasi so -sell dan hard-sell terhadap pembentukan ekuitas merek. Konsumen, baik nasabah maupun bukan nasabah bank terkait dipilih sebagai responden, di mana data diambil dari tiga kota, yaitu: Jakarta, Medan, dan Surabaya sejumlah 246 orang dengan menggunakan kuesioner tertutup. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa elemen-elemen komunikasi pemasaran yang bersifat so -sell memberikan kontribusi atau pengaruh yang lebih besar di
banding elemen yang bersifat hard-sell dalam pembentukan ekuitas merek.
Kata Kunci: Komunikasi pemasaran terpadu, hard-sell, so -sell, tanggapan, ekuitas merek, high involvement product.

.(baca_selengkapnya )



Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP. 08122353284
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
E:\K A N A I D I\Data\My Docu\aKEN\JOURNAL\Jurnal IMC

A Case Study: Why a Brand’s Most Loyal Should Be its Most Valued

by :  MICHELLE A. ELHERT & NICHOLAS ZIEGLER
 Published : J O U R N A L  O F  Integrated Marketing Communications_ 2010

ABSTRACT
Many organizations frequently refer to having a “customer-first” strategy, yet often this catchphrase is merely conceptual. It’s the first thing to go when growth stalls, and the company often reverts to a bottom-line, shareholder-centric approach. It is the rare few that have been able to rework traditional marketing and sales initiatives to execute business operations and strategies to keep the customer top-of-mind. dunnhumby challenges organizations to embark on a customer-first journey, forcing a shift in the brand-management paradigm. dunnhumby finds itself in a unique position despite the downturn since it has worked to find ways to truly keep its stated goals as its main focus. Integrated marketing communications is very much alive at the company, serving as proof that the IMC methodology is a viable, profitable solution. At the heart of the approach is a customer-first strategy, supported by the Power of Three: the retailer, the manufacturer and dunnhumby. The following article shares a framework and case-study example to illustrate how brands may execute a customer-first strategy – allowing them to not only survive but also thrive in a tough economy.
. .. .(baca_selengkapnya )


Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP. 08122353284
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :

 

WORD OF MOUTH AND VIRAL MARKETING: Taking the temperature of the hottest trends in marketing

by Rick Ferguson
Published : J O U R N A L  O F  Integrated Marketing Communications_ 2010

ABSTRACT
Word of mouth or viral marketing efforts are not always a sure bet. But a well-placed, calculated and provocative campaign can spark a firestorm of buzz that sometimes can be effective for years in non-terminal new mediums like the Internet. Marketers must follow the Viral Commandments when creating a word of mouth campaign to ensure marketing resources are put to highest and best use. Focusing on identifying the consumer is a vital step to build advocacy. Viral marketing shouldn’t anchor a marketing strategy but when used effectively can be an important ace-up-the-sleeve. How much of an actionable response can be evoked and measured from viral and word of mouth campaigns? Testimonials and commentary from marketers practicing these methods and the pundits that attempt to gauge the effectiveness. This article studies examples of emerging marketing trends such as word of mouth and viral marketing, and attempts to determine their measurability in terms of
return on investment.

Though WOM spending is difficult to track, the
trend is behind the increase in Internet ad spending,
with the Interactive Advertising Bureau reporting that
companies spent $4.9 billion on the Internet channel
in the first quarter of 2007, up 26 percent from
the same period last year. If you doubt that WOM
is leading the virtual land rush, then note a recent
Inc. magazine study, which found that 82 percent of
the fastest-growing private companies employ WOM
techniques.
Viral campaigns build awareness, but do they build
market share? Can marketers identify or create brand
evangelists—those consumers who actively promote
their favorite products and services to family, friends
and business associates? Can their effect on the bottom
line be measured? How can viral campaigns link to
existing loyalty marketing efforts? Is a viral video
really all you need to create customer advocates—or
are agencies. .. .(baca_selengkapnya )


Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP. 08122353284
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
E:\K A N A I D I\Data\My Docu\aKEN\JOURNAL\Jurnal IMC

Minggu, 18 November 2012

PUBLIKASI ILMIAH dan Daftar PENELITIAN RELEVAN




1.    Pengukuran Kesenjangan Antara Harapan dan Persepsi Kualitas Layanan (Service Quality) Pendidikan di Politeknik Pos Indonesia. Oleh : Kanaidi, Imam Kambali & Hilman Setiadi (Penelitian Kelompok, Tahun 2002).
2.    Pengaruh Remunerasi dan Motivasi Kerja Pegawai Terhadap Kinerja PT Pos Indonesia (Persero) Oleh: I Wayan Kemara Giri & Kanaidi (Penelitian Kelompok, Tahun 2003).
3.    Analisis Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Jasa Logistik PT Pos Indonesia (Persero). Oleh : I Made Wirya Suputra & Kanaidi (Penelitian Kelompok, Tahun 2005).
4.    Pengaruh Kinerja Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa EMS di Wilayah Pos Bandung Raya (Dengan Pendekatan Quality Function Develoyment / QFD) Oleh: Kanaidi (Penelitian Mandiri, Tahun 2007). Publikasi pada : COMPETITIVE, Vol.4. No.1, Maret 2008. ISSN : 0216-2539.  http://ken-qfd.blogspot.com/2012/11/pengaruh-kinerja-kualitas-pelayanan.html atau http://www.scribd.com/doc/41377463/Pengaruh-Kualitas-Pelayanan-Terhadap-Customer-Loyalty-Jasa-EMS-PT-Pos-Indonesia
5.    Keterkaitan Service Quality terhadap Satisfaction, Reputation, Switching Cost, dan Loyalty. Oleh : Kanaidi & Suparno Saputra (Penelitian Hibah Bersaing DIKTI/DIKNAS, Tahun 2007). Artikel Ilmiah dipublikasikan pada Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, Bandung, Vol. 8 No. 4 Mei 2007, hal. 1279-1289. http://ken-servqual1.blogspot.com/2009/11/analisis-service-quality-satisfaction.html
6.    Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Pendidikan di Politeknik Pos Indonesia (Dengan Pendekatan Quality Function Develoyment/QFD). Oleh : Suparno Saputra & Kanaidi. (Penelitian Kelompok, Tahun 2008). http://ken-servqual1.blogspot.com/2010/10/pengaruh-kinerja-kualitas-pelayanan.html
7.    Pengaruh Customer Value terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Jasa EMS di Wilayah Pos Bandung Raya. Oleh : Senny Handayani & Kanaidi (Penelitian Kelompok, Tahun 2008). Publikasi pada : COMPETITIVE, ISSN : 0216-2539 Vol.5 No.2, Desember 2009, 95-101. http://ken-value.blogspot.com/2012/11/pengaruh-customer-value-terhadap.html
8.    Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Paketpos di Wilayah Pos Bandung Raya (Dengan Pendekatan Importance Performance Analysis/IPA), Oleh : I Wayan Kemara Giri, Kanaidi  & Suparno Saputra. (Penelitian Kelompok, Tahun 2008.). http://poltekpos.ac.id/repository/gdl.php?mod=browse&op=read&id=1--kanaidi-12
9.    Pengaruh CRM dan Corporate Image terhadap Loyalitas Nasabah Bank Jabar Cabang Suci di Bandung. Oleh : Henny Utarsih & Kanaidi (Penelitian Kelompok, Tahun 2008).  http://ken-image.blogspot.com/2009/06/pengaruh-crm-terhadap-corporate-image.html
10. Daya Pikat Pesan Iklan Sebagai Upaya Menarik Minat Pelanggan, Tahun 2008. Oleh : Kanaidi (Artikel Ilmiah dipublikasikan pada Majalah Competitive, Bandung, Vol. 4 No. 2 Desember 2008, hal. 72-87). http://www.ken-iklan.blogspot.com/
11. Analisis Daya Saing Produk Pos Standar dan Pos Prima PT. Pos Indonesia (Persero) Dengan Pendekatan Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP). Oleh : Kanaidi, dkk (Penelitian Kelompok, Tahun 2008). http://ken-stp.blogspot.com/2009/11/analisis-daya-saing-layanan-pt-pos.html
12. Penelitian Potensi Pasar Untuk Pengembangan Pelayanan Kantor Pos Pasar di Pasar Tradisional Wilayah Usaha Pos V JABAR. Oleh: Suparno Saputra, Kanaidi, dkk (Penelitian Kelompok, Tahun 2008)
13. Survei Peluang Pengembangan Pelayanan Jasa Micro Finance Di Kecamatan Jatinangor, Tanjungsari, dan Sekitarnya. Oleh : Kanaidi (Penelitian Mandiri, Tahun 2009).
14. Penelitian Pengaruh Customer Value Terhadap Corporate Image Layanan Jasa Paketpos PT Pos Indonesia, Tahun 2009. Oleh : Kanaidi (Penelitian Dosen Muda DIKTI/DIKNAS) Dipublikasikan pada : ProMark Vol.1 No. 2 Desember 2010, hal.83-99. ISSN : 2087-3077) http://ken-promark.blogspot.com/2010/11/pengaruh-customer-value-dan-corporate.html
15. Penelitian Pengaruh Customer Relationship Management, Citra. dan Customer Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Tabungan Bank Jabar Cabang Tamansari Bandung. Oleh: Imam Kambali, Kanaidi & Suparno Saputra (Penelitian Kelompok Dosen Muda DIKTI/DIKNAS, Tahun 2009). Publikasi pada : COMPETITIVE,    Volume 6  No.2, Desember 2010, hal.75-96 - ISSN : 0216-2539. http://ken-crm.blogspot.com/2012/11/15-penelitian-pengaruh-customer.html
16. Penelitian Analisis Service Quality, Satisfaction, Trust, Reputation, dan Loyalitas Konsumen Jasa Logistik PT. Pos Indonesia (Persero), Oleh : Kanaidi & Suparno Saputra (Penelitian Hibah Bersaing DP2M Ditjen DIKTI, Tahun 2009). Publikasi pada : Jurnal BISNIS, MANAJEMEN & EKONOMI_Universitas Widyatama. ISSN: 1693-8305. http://ken-servqual1.blogspot.com/2009/11/analisis-service-quality-satisfaction.html

17. Penelitian “Pengaruh Customer Value terhadap Loyalitas Nasabah pada BMT Wahana Mandiri Jatayu Bandung” Oleh : Kanaidi dan Santilawati (Penelitian Mandiri). Publikasi pada : Jurnal ProMaRK Vol.  1, No.1 Juni 2010. ISSN : 2087-3077. http://ken-promark.blogspot.com/2010/10/pengaruh-customer-value-terhadap.html

18. Pengaruh Kualitas Jasa, Nilai Jasa, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Perilaku Minat Pembelian Konsumen Jasa Pos Express di Wilayah Pos Bandung Raya. Oleh: Rudy Dauhan & Kanaidi (Penelitian Dosen Muda DIKTI/DIKNAS, Tahun 2010). Publikasi pada : Jurnal ProMaRK Vol.  2, No.1 Juni 2011. ISSN : 2087-3077). http://ken-value.blogspot.com/2010/11/pengaruh-kualitas-jasa-nilai-jasa-dan.html

19. Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Produk Laptop Merek TOSHIBA, LENOVO, dan SONY Di Wilayah Bandung. Oleh : Kanaidi & Dadang Setiawan (Penelitian Mandiri 2010). Publikasi pada : Jurnal ProMaRK Vol.  2, No.2 Desember  2011. ISSN : 2087-3077. http://poltekpos.ac.id/repository/gdl.php?mod=browse&op=read&id=1--kanaididan-86

20. “UPAYA PENERAPAN TECHNO ECONOMY PADA UMKM DI INDONESIA DENGAN MODEL PROGRAM DI KABUPATEN BANDUNG BARAT”, Oleh : Kanaidi & Amrizal. (Artikel Ilmiah dipublikasikan pada Procceding Seminar Nasional Techno-Economy Univ.WIDYATAMA, Bandung, Februari 2010, hal. 1-15) http://poltekpos.ac.id/repository/gdl.php?mod=browse&op=read&id=1--kanaidiamr-52&newtheme=green
21. Survei Peluang Angkutan Feeder Kereta Api KRL di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Oleh : A. Yunani, Kanaidi, dkk (Penelitian Kelompok, Tahun 2010).
22. Analisis Kepuasan Pelanggan dan Brand Image PT. POS INDONESIA (Studi pada Kantorpos Besar Medan 20000)  oleh : Kanaidi, SE., M.Si (Publikasi pada : Proceeding Seminar Nasional Akuntansi - Bisnis (SNAB) 2012, 27 Maret 2012, ISSN : 2252-3936) http://ken-kepuasan.blogspot.com/2012/03/analisis-kepuasan-pelanggan-dan-brand.html
23. ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)  PADA SBU POS ADMAIL. Oleh : Kanaidi & Ari Kurniawan. (Penelitian Mandiri 2011). Publikasi pada: Jurnal BANKING & MANAGEMENT, Vol 1. No.1, Mei 2012  ISSN : 2252-8520) http://ken-crm.blogspot.com/2011/11/analisis-customer-relationship.html atau  : http://www.ekuitas.ac.id/file/image/Jurnal/Kanaidi%20%26%20Ari%20Kurniawan.pdf
24. PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TEH BOTOL SOSRO DI KALANGAN MAHASISWA POLITEKNIK POS INDONESIA  Oleh : Kanaidi dan Desi Nurmayasari (Penelitian Mandiri 2012). Publikasi pada : Jurnal ProMaRK Vol.  2, No.2 Desember  2011. ISSN : 2087-3077. http://ken-brand1.blogspot.com/2012/11/pengaruh-brand-equity-terhadap.html
25. Survei Kesiapan Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) dalam Menghadapi Perubahan Organisasi dan Dukungan Penerapan GCG di PT Pos Indonesia. Oleh : Kanaidi & Suparno Saputra (Penelitian Hibah Bersaing DIKTI/DIKNAS, Tahun 2012). http://ken-gcg.blogspot.com/2012/11/peranan-internal-marketing-dalam.html


Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis Buku, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen  Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP. 08122353284
-------------------------------------