Nandan Limakrisna
Jurnal Ekonomi Bisnis No. 1 Vol. 13, April 2008
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis pengaruh parsial dan simultan komunikasi
pemasaran dan relasi pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Objek penelitian
adalah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di bank Jabar Banten. Suatu survey
dilakukan untuk mengumpulkan data di kantor cabang Padalarang, dengan responden
adalah pengusaha UKM yang merupakan nasabah bank. Kuesioner menjadi
instrumen penelitian dan disebarkan kepada responden. Data yang terkumpul
dianalisis menggunakan uji statistik F dan t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
komunikasi pemasaran dan relasi pelanggan secara simultan mempengaruhi loyalitas
pelanggan. Relasi pelanggan memiliki pengaruh parsial yang paling dominan
terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci : komunikasi pemasaran, relasi pelanggan, loyalitas pelanggan, kredit
UKM, bank Jabar banten
PENDAHULUAN
Sesuai dengan fungsi bank sebagai
badan usaha yang menjalankan peran
intermediasi, penyaluran kredit
merupakan salah satu kegiatan usaha
bank yang dominan. Oleh karena itu tak
heran apabila pendapatan bunga kredit
menjadi sumber pendapatan terbesar
perbankan. Kredit sebagai kegiatan usaha
utama perbankan senantiasa mengandung
resiko yang relatif besar. Timbulnya
kredit nonlancar atau kredit bermasalah
dan kerugian karena pemberian kredit
sebagai resiko kredit, yang akan
mempengaruhi tingkat kesehatan bank
dan berkurangnya pendapatan bunga
kredit yang seharusnya diterima.
Lambatnya pertumbuhan penyaluran
kredit terutama kredit kepada UMKM
dan rendahnya rasio pinjaman terhadap
deposito menunjukkan bahwa fungsi ..... . . . ... (baca_selengkapnya)
Artikel
lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis,
Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com
atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP. 08122353284
HP. 08122353284
-------------------------------
Butuh
Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
Kami memiliki beberapa
Artikel/Jurnal tentang :
- Jurnal “BALANCED SCORECARD”....click di http://ken-keuangan.blogspot.com/
- Jurnal “MANAJEMEN SDM” .....click di http://ken-msdm.blogspot.com/
- Jurnal “CUSTOMER TRUST”.....click di http://www.ken-trust.blogspot.com/
- Jurnal “Good Corporate Governance (GCG)” … click di http://ken-gcg.blogspot.com/
- Jurnal “ICT” … click di http://ken-ict.blogspot.com/
- Jurnal “Corporate Image” … click di http://ken-image1.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Value” … click di http://www.ken-value.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Loyalty” … click di http://ken-loyalty.blogspot.com/
- Jurnal “Brand & Merek” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
- Jurnal “Service Quality” … click di http://ken-servqual1.blogspot.com/
- Jurnal “MARKETING & BUSINESS” … click di http://ken-promark.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Satisfaction” … click di http://ken-kepuasan.blogspot.com/
- Jurnal “Personal Selling” … click di http://ken-selling.blogspot.com/
- Jurnal “Corporate Culture” … click di http://ken-culture.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Relationship Management (CRM)” … click di http://ken-crm.blogspot.com/
- Jurnal “DELPHI METHOD” … click di http://ken-delphi.blogspot.com/
- Jurnal “Kewirausahaan (Entrepreneurship)” … click di http://ken-entrepreneurship.blogspot.com/
- Business Plan dan Marketing Plan… click di http://ken-businessplan.blogspot.com/
- Artikel “Competitive Strategy” … click di http://ken-persaingan.blogspot.com/
- Jurnal “Customer Behavior (Perilaku Konsumen)”… click di http://ken-behavior.blogspot.com/
- Jurnal “LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah)”… click di http://lkmsnetkas.blogspot.com/
- Artikel “Dunia PERIKLANAN” … click di http://ken-iklan.blogspot.com/
- Artikel “QFD (Quality Function Deployment)” … click di http://ken-qfd.blogspot.com/
- Artikel “STP (Segmenting, Targeting, & Positioning)” … click di http://ken-stp.blogspot.com/
- Jurnal “EXPERIENTIAL MARKETING” … click di http://ken-experiental.blogspot.com/
- Jurnal “CSR” … click di http://ken-csr1.blogspot.com/
- Jurnal “MEREK (Brand)” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
- Jurnal “PERIKLANAN (Advertising)” … click di http://ken-iklan.blogspot.com atau di http://ken-iklan1.blogspot.com/ atau di http://ken-iklan2.blogspot.com/ atau di http://ken-iklani.blogspot.com/
“Peluang
BISNIS ONLINE” secara Sederhana……MINAT?... coba lihat (click) dulu di http://formulabisnis.com/?id=ken_kanaidi
E:\K A N A I D I\Journal Loyalty
Tidak ada komentar:
Posting Komentar