Selasa, 27 November 2012

Analisis Dampak Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Penciptaan Ekuitas Merek

Oleh : Sunarto Prayitno
Publikasi pada : Journal of Strategic Communication, Vol.1 No.1 Sept.2010

Abstrak
Kondisi persaingan yang ketat di industri perbankan di Indonesia ditandai dengan banyaknya pemanfaatan khususnya progam-program sales promo on, yang menimbulkan pertanyaan bahwa perbankan yang seharusnya sebagai perusahaan yang lebih memasarkan jasa yang bersifat high involvement product, selayaknya lebih menikberatkan pada penciptaan citra maupun ekuitas produk. Maka dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk memahami peranan atau pengaruh elemen-elemen komunikasi pemasaran terhadap pembentukan ekuitas merek.
Model Integrated Marke ng Communica ons dijadikan referensi utama sebagai teori yang menggambarkan keterkaitan dan pengaruh bermacam elemen komunikasi pemasaran dalam penciptaan ekuitas merek. Paradigma posi vism dimanfaatkan dalam penelitian ini, yang lebih bersifat kuantatif dalam upaya untuk memahami keterkaitan dan pengaruh antara elemen-elemen komunikasi pemasaran yang dikelompokkan dalam klasifikasi so -sell dan hard-sell terhadap pembentukan ekuitas merek. Konsumen, baik nasabah maupun bukan nasabah bank terkait dipilih sebagai responden, di mana data diambil dari tiga kota, yaitu: Jakarta, Medan, dan Surabaya sejumlah 246 orang dengan menggunakan kuesioner tertutup. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa elemen-elemen komunikasi pemasaran yang bersifat so -sell memberikan kontribusi atau pengaruh yang lebih besar di
banding elemen yang bersifat hard-sell dalam pembentukan ekuitas merek.
Kata Kunci: Komunikasi pemasaran terpadu, hard-sell, so -sell, tanggapan, ekuitas merek, high involvement product.

.(baca_selengkapnya )



Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP. 08122353284
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
E:\K A N A I D I\Data\My Docu\aKEN\JOURNAL\Jurnal IMC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar